Gamers Kudu Tahu: Mineski Indonesia

Uncategorized

Mabarmu akan lebih keren kalau tahu MineskiMabarmu bukan cuma sama temen satu gank, tapi sama orang sedunia. Yeah, kamu harus tahu, Mineski Indonesia, siap bawa esport lokal menuju kejayaannya.

Sisi Positif Main Games

Pernah nggak sih dimarahin karena main games? Pernah? Pernah banget? Aku sih nggak. Sebabnya, karena aku nggak main games hehehe.

Sebenernya penasaran, tapi mau main di laptop, laptopnya nggak kuat, mau main di HP, bisa meleduk HP-nya. Tapi, aku suka banget lihat orang main games online. Apalagi sejak Sehun dan Baekkie live main PUBG-nya.

Apa persamaan antara “games” dan “Korea”?

Yups! Sama-sama bikin emak-emak murka dan jadi kambing hitam dalam hal apapun. Kalau “games”, mungkin karena identik sama main-main, dan ujung-ujungnya dikaitkan sama hal-hal yang buang-buang waktu. Saat-saat seharusnya belajar, malah main games. Harusnya kerja, malah main games. Ya, semacam itu.

Mineski Indonesia (3)
Photo by Me

Padahal kalau mau dilihat lebih jauh dan ambil sisi positifnya, main games ternyata banyak manfaatnya. Wait! Jangan keburu icemochi!

Seorang Agustian Hwang menuturkan, games mampu bikin dia terhindar dari pergaulan negatif. Saat temen-temennya main ke dugem atau main cewek, beliau main games online.

Gara-gara main games juga, dia jadi ketemu wanita pujaan hati, dan sudah menjalani hari bersama selama tiga belas tahun dan dikaruniai dua orang anak.

Gara-gara games juga, dia bisa ketemu dan menjalin relasi dengan banyak orang. Sekarang, beliau adalah Country Manager MET Indonesia yang merupakan bagain dari Mineski Indonesia.

Kemarin juga, ada seorang emak yang cerita kalau suaminya suka banget main games, sampai terkesan cuek.

Waktu dikonsultasikan ke pakar rumah tangga, si pakar itu malah bilang, “Bu, harusnya Ibu bersyukur punya suami yang suka main games. Di luar sana banyak suami yang suka main perempuan.” Nah!

Dan, seorang teman aku cerita kalau keponakannya yang masih kuliah hobi banget main games, dan sering ikut kompetisi-kompetisi lokal.

Berbekal kemampuannya, dia sering dapat gelar juara, meskipun nggak selalu di posisi tertinggi. Hasilnya, dia bisa punya uang jajan sendiri, hadiah dari kompetisi yang dia ikuti.

Nah, kalau udah ngomongin kompetisi, harus banget nih, kenalan sama Mineski Indonesia.

 

Mineski Indonesia

Konon, sejak tahun 2017, perkembangan esports di Indonesia meningkat tajam. Sampai hari ini, total gamers di Indonesia menginjak angka 43 juta, dan mungkin kamu termasuk salah satu di dalamnya.

Kamu tahu berapa pendapatan yang dihasilkan dari industri games? USD 879 juta! Kalau dikurs ke rupiah, dengan kurs saat tulisan ini dibuat, 14.538/dolar, hasilnya adalah kalkulator aku nggak sanggup.

“Dengan melihat potensi industri esports di Indonesia, kami akan melakukan investasi yang agresif dalam beberapa tahun ke depan untuk mempercepat pertumbuhan esports di tanah air dan mengejar negara-negara lain yang telah mapan.

Dengan berbekal pengetahuan dan 14 tahun pengalaman Mineski di ekosistem esports, besar harapan kami meningkatkan standar industri esports di Indonesia,” kata Country Manager MET Indonesia, Agustian Hwang.

Mineski Indonesia (04)
Photo by Gita Siwi

Eh, wait, wait! Tadi katanya Mineski Indonesia, tapi kok sekarang MET? Jadi, yang mana nih, yang bener?

FYI, Mineski adalah salah satu perusahaan esport terbesar di Asia Tenggara. Kehadiran mereka di Indonesia adalah untuk membawa ekosistem esports Indonesia ke tahap selanjutnya. Mereka punya tiga unit bisnis: Mineski Infinity, Mineski Proffesional Team, dan tentu saja MET.

Kalau kamu pernah ikut eventevent esports, mungkin event yang kamu ikuti itu diselenggarakan sama MET. Salah satu event yang pernah diselenggarakan MET adalah Garuda Cup, dua kali setahun.

Kamu pernah ikut ini? Berbahagialah, karena itu artinya tim kamu pernah bertanding sama tim internasional. Ada lagi, Indonesia Pride Gaming League, yang merupakan liga games online terbesar di Indonesia. Next, di 2019 ada Jakarta Masters, event games terbesar sejagat raya.

Baca juga: MIUI 10 di Redmi Note 3

Kamu yang masih sekolah juga bisa ikutan eventevent yang diselenggarakan MET. Ada kompetisi khusus untuk anak-anak sekolah. Ada juga event Mix Your Team, untuk gamers yang belum dikenal, supaya bisa dilirik dan direkrut tim-tim besar.

Mungkin orang-orang yang bukan penggemar esports nggak terlalu ngeuh. Tapi, faktanya, di Asian Games 2018 kemarin, esports sudah diperkenalkan sebagai eksibisi. Rencananya, Asian Games mendatang di China, esports akan dipertandingkan. So, prepare your self!

Nggak tanggung-tanggung, Mineski berinvestasi sebesar 30 miliar untuk mengembangkan industri esports ini. Founder yang juga CEO Mineski Internasional bilang, Mineski mau membangun tempat esports di Jakarta.

Pastinya, bukan cybercafe, karena cybercafe sudah dipegang khusus oleh MET Infinity. Tempat esports ini semacam hall untuk kompetisi-kompetisi skala besar.

Ditambahkan Agustian Hwang, investasi tersebut juga digunakan untuk menyelenggarakan event. So far, MET jadi No. 1 esports event organizer. Dalam setahun, MET bisa menyelenggarakan 20 event.

Pun, event-nya bukan cuma untuk menyenangkan sponsor, tapi menyenangkan semua pihak. Bahkan, penonton pun dibikin nyaman, dikasih tempat duduk, nggak berdiri nontonnya. Kalau penonton saja dibuat nyaman, apalagi gamers dan komunitasnya?

Mineski Indonesia (05)
Photo by me

Kalau kamu suka banget sama kompetisi games online tapi nggak bisa datang, jangan khawatir. MET ada lini entertainment-nya. Dengan didukung peralatan dan studio yang profesional, MET Entertainmet sudah mencapai angka 500 jam live streaming yang bisa kamu simak di channel-nya.

Selain itu, MET juga fokus ke talent management, untuk mengembangkan bakat dan kemampuan gamers lokal supaya sejajar dengan gamers internasional.

 

Mineski Indonesia Menjalin Kemitraan

Demi menciptakan ekosistem esports yang ciamik dan tak terbatas, Mineski Indonesia menggandeng banyak mitra untuk bekerjasama menghadirkan pengalaman terbaik buat para gamers dan esports enthu. Di antara perusahaan yang bermitra itu adalah GO-JEK, Tokopedia, dan Telkomsel.

Khusus untuk Telkomsel, kabar gembira bagi kita semua, nih! Telkomsel punya paket data khusus untuk para gamers. Harganya jauh lebih murah dibanding paketan biasa, dan ada voucher gamesnya juga. Kumplit-kumplit dan nggak bikin kantong jebol.

Fasilitas itu ada berkat banyaknya jumlah pengguna Telkomsel yang memainkan games di HP mereka. Menurut General Manager Games and Apps Telkomsel Auliya Ilman Fadli, pendapatan tertinggi Telkomsel adalah dari games. 34% dari 60 juta pelanggan Telkomsel adalah gamers.

Sedangkan, Tokopedia mempunyai kegiatan bernama “Tokopedia Battle of Friday”. Kegiatan ini pun sejalan dengan Mineski yang bertujuan untuk memajukan industri esports dan mendorong lahirnya talenta-talenta esports melalui Mineski.

VP of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja, mengungkapkan, Mineski Indonesia menciptakan panggung baru bagi para gamers profesional di tanah air.

Mineski Indonesia (02)
Foto by: Gita Siwi

So, kamu-kamu yang berniat jadi profesional gamers persiapkan dirimu untuk ikut berbagai event yang diselenggarakan MET. Sudah waktunya kamu dikenal, dan sudah waktunya gamers Indonesia sejajar dengan gamers internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *